Panen Pahala di Hari Jumat

Bismillaah. Assalamu’alaikum, Sahabat iMAAL.

Alhamdulillaah kita bertemu lagi dengan hari yang penuh berkah, hari Jumat. Dari Abu Hurairah, dikisahkan Rasulullaah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Sebaik-baik hari adalah hari Jumat, karena pada hari itulah Adam diciptakan. Pada hari itu pula ia dimasukkan ke dalam surga dan pada hari itu pula ia dikeluarkan daripadanya. Dan hari kiamat tidak terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim, shahih Muslim No. 1411 – Kitab Jumat).

Sahabat iMAAL sudah persiapkan apa saja untuk hari baik ini? Ada banyak, loh, amalan yang bisa kita lakukan untuk “memanen” pahala di hari yang penuh berkah ini. Salah satunya dengan bersedekah.

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Sedekah di hari Jumat dibandingkan semua hari dalam sepekan seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan selainnya.”

Dari pernyataan Imam Ibnul Qayyim tersebut, jelaslah bahwa salah satu cara memaksimalkan amalan di hari Jumat adalah dengan bersedekah, dan amalan sedekah yang dapat kita maksimalkan adalah wakaf. Sebab, wakaf termasuk sedekah jariyah, yang InsyaAllah pahalanya terus mengalir bahkan setelah kita mati.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang shaleh.” (HR. Muslim no. 1631)

Tidak ada perbedaan pendapat di kalangan ulama dalam menafsirkan wakaf sebagai sedekah jariyah. Ibnu Hajar al-Asqalani bahkan memasukkan hadits ini dalam Bulughul Maram Bab Wakaf.

Nah, Sahabat iMAAL tidak perlu ragu lagi dalam berwakaf. Selain sudah ditekankan dalam banyak hadits, Allah Azza wa Jalla juga sudah menjamin hadiah bagi hamba-Nya yang berwakaf untuk-Nya, seperti yang termaktub dalam Al-Qur’an surah Al-Hadid ayat 18;

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak” (Qs. Al Hadid: 18).

Jadi, tunggu apa lagi? Mari sisihkan harta terbaik kita untuk diwakafkan, agar kita bisa panen pahala di hari Jumat yang berkah ini.

Wakaf bisa disalurkan ke
BNI Syariah No. 7767769994 a.n. Yayasan Bairuha Thayyibah Madani
Konfirmasi: wa.me/62895612208382

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *