Tentang iMAAL

ISHLAHUL MAAL

Lembaga Filantropi Ishlahul Maal, atau yang lebih dikenal dengan iMAAL, merupakan sebuah lembaga yang bergerak di bidang sosial dalam bentuk penghimpunan dana wakaf, infak dan sedekah. iMAAL berada di bawah naungan Baitul Maal Khatulistiwa Pekanbaru atau juga dikenal dengan nama Billistiwa Pekanbaru (sebelumnya disebut TAWAF -red), yang berdiri di bawah Yayasan Bairuha Thayyibah Madani sebagai lembaga pendamping untuk Lembaga Pendidikan Kuttab Al-Fatih.

iMAAL diinisiasi oleh para pengurus Billistiwa, asatidz dan wali santri Lembaga Pendidikan Kuttab Al-Fatih. Lembaga filantropi ini mulai beroperasi pada September 2019 dengan berbagai program, baik program jangka panjang maupun jangka pendek. Dana yang dihimpun melalui iMAAL disalurkan untuk kegiatan pendidikan, sosial, kesehatan dan pengembangan ekonomi umat, yang direalisasikan ke dalam program-program iMAAL.

Adapun program iMAAL yang dimaksud antara lain (1) Operasional Asrama Qur’an,  (2) Wakaf Pembebasan Lahan, (3) Operasional Sekolah Peradaban, (4) Wakaf Pembangunan Gedung, (5) Rumah Sehat, (6) Depot Air Minum Gratis, (7) Pelatihan Thibbun Nabawi, (8) Wakaf Produktif, (9) Celengan Peradaban, dan (10) Zakat. Dari program-program ini, enam di antaranya sudah berjalan dan terlaksana dengan baik. Program tersebut adalah Operasional Asrama Qur’an (AsQu), Wakaf Pembebasan Lahan (WPL), Celengan Peradaban (CLP), Depot Air Gratis, Wakaf Produktif dan Operasional Sekolah Peradaban.

Dalam menjalani program-program ini, Lembaga Filantropi iMAAL mendapat dukungan dari MUI Provinsi Riau, yakni berupa rekomendasi MUI Provinsi Riau No. Rek-173/DP.P IV/IX/2019 tertanggal 12 September 2019. Beberapa Dewan Pembina iMAAL juga merupakan Pengurus MUI Provinsi Riau dan Dosen UIN Sultan Syarif Qasim Provinsi Riau.

Nama iMAAL diambil dari kitab karya Imam Ibnu Abid Dunya, Ishlahul Maal, yang memiliki arti “perbaikan harta”. Dengan nama ini, kehadiran iMAAL diharapkan dapat menjadi wadah umat untuk melakukan perbaikan harta melalui infak dan sedekah

PENGURUS

Pembina
Ustadz Kasyful Anwar, Lc
Ustadz Dr. Dasman Yahya Ma’ali, Lc., M.A
Ustadz Dr. Hidayatullah Ismail, Lc., M.A

Dewan PJ Syar’i
Rahmad Hidayat, Lc
Akmalul Rijal, Lc
M. Sutrisno, Lc., M.A

Pengawas
Irsyadul Fikri, S.Ud
(Ketua Yayasan Bairuha Thayyibah Madani)

Koordinator
Heri Suryadi J, S.H

Fundraising
Zulfan Irhamni

Administrasi
Darlin Parlindungan Lubis

Operator
Ayu Octarina Maydwika

Kolektor
Edi Saputra
Muhammad Ismail
Danil Khairul
Abdi Naufan

Kanvaser
Abdul Hanif
Mualimin

Media
Ade Surya Tawalapi

 

VISI

“Menjadi mitra di bidang ekonomi dan pendanaan kegiatan pendidikan dan kesehatan
dalam melahirkan generasi gemilang di usia belia.”

MISI

Menghadirkan pendidikan gratis untuk si kaya dan si miskin

Memuliakan guru dengan menyejahterakan sisi ekonomi mereka

Menghadirkan lembaga kesehatan gratis untuk si kaya dan si miskin

Perbaikan ekonomi umat lewat urutan dan ruuh yang benar.

LEGALITAS

ALAMAT & KONTAK

iMAAL Office
Kompleks Masjid Taqwa
Jl. SM. Amin No. 1 Kel. Delima, Kec. Bina Widya, 
Kota Pekanbaru, Riau 
28292

Telpon: 0811-7510-105
email: imaalpekanbaru@gmail.com